Apa itu Bedah Bariatrik

Bedah bariatrik adalah metode pembedahan dengan tujuan untuk menangani pasien dengan obesitas. Obesitas adalah salah satu faktor pemicu berbagai penyakit. Bedah bariatrik adalah salah satu metode yang dapat dijalani untuk mengurangi berat badan.

Bedah bariatrik menawarkan dua (2) metode yaitu Sleeve Gastrectomy dan Gastric Bypass. Dua metode ini hampir mirip. Keduanya dijalankan melalui prosedur laparoskopi.

Dalam Sleeve Gastrectomy, penurunan berat badan dilakukan dengan cara mengurangi ukuran lambung dengan Gastric Band.

Cara lain dalam bedah bariatrik yaitu Gastric Bypass Surgery, yang dimana tindakan ini dilakukan dengan direseksi dan mengubah jalan usus halus menuju kantung kecil yang ada di perut. Tindakan ini bekerja dengan membatasi makanan yang masuk dan mengurangi penyerapan makanan di perut dan di usus halus.

Sleeve Gastrectomy

Perbedaan yang paling menonjol antara bedah gastric bypass dan sleeve gastrectomy adalah gastric bypass memberikan lebih banyak harapan dalam pengurangan berat badan daripada gastric sleeve method. Metode gastric bypass akan membantu pasien untuk memproduksi lebih banyak pengurangan berat badan dan membuat dumping syndrome yang bisa membantu pasien untuk mengurangi makanan tinggi karbohidrat. Akan tetapi, sleeve gastrectomy juga sering direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan. Metode yang cepat dan efektif ini bisa membantu pasien mengurangi rasa lapar dan tetap mendapatkan hasil yang bagus. Pasien gatric sleeve biasanya turun diantara 60 – 70% dari kelebihan berat badan mereka dalam kurun waktu 12-18 bulan. Disisi lain, pasien gastric bypass biasanya direkomendasikan untuk mereka dengan BMI lebih dari 45. Pasien harus berada dalam pengawasan dokter untuk mendapatkan prosedur penurunan berat badan yang tepat.

Gastric Bypass

Bedah bariatrik bisa menjadi salah satu pilihan yang efektif yang bisa ditawarkan untuk yang mempunyai masalah dalam penurunan berat badan. Pilihan ini akan membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi resiko berbagai penyakit yang diakibatkan oleh obesitas, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Operasi penurunan berat badan juga meningkatkan keseluruhan kualitas dalam hidup. Ukuran dari kualitas hidup yang dapat dinikmati dari bedah bariatric adalah fungsi dari fisik yang fit, seperti gerakan, kepercayaan diri, pekerjaan dan interaksi sosial yang baik.

Second Chance at a Life Time

Ingin Tahu Team Bali Bariatric Surgery Kami?

× Chat Me!